10 Cara Mengatasi Rasa Bosan di Kereta Api



image
Berlibur dengan menggunakan jasa transportasi kereta api memang menjadi pilihan favorit bagi sebagian travelers. Pasalnya, naik kereta api cukup nyaman dan tergolong aman. Apalagi, kualitas kereta api dan stasiun kereta api di Indonesia sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.
Memang, sih, berkendara dengan menggunakan jasa kereta api menuju kota-kota di Indonesia memakan waktu cukup lama. Kamu bisa simak tips-tips jitu berikut ini untuk mengatasi kejenuhan saat berada di kereta api.
1. MELIHAT PEMANDANGAN
Salah satu alasan menggunakan jasa kereta api adalah untuk menyaksikan keindahan alam yang memang nggak perlu diragukan lagi, bahkan beberapa pesona alam di Indonesia hanya bisa ditemui melalui jalur kereta api. Untuk mengatasi rasa bosan, kamu bisa pilih duduk dekat jendela supaya puas melihat-lihat pemandangan alam seperti pegunungan, sawah, hutan dan lain-lain. Jangan lupa siapkan kamera kamu untuk mengambil atau merekam gambar pemandangan tadi.
image
2. MENGOBROL
Mengobrol bareng teman atau keluarga dalam perjalanan, secara nggak langsung merupakan momen quality time dengan mereka. Jika kamu berpergian dengan kawan lama yang jarang bertemu, kamu bisa curhat tentang kehidupan percintaan, pekerjaan, hobi, dan lain-lain. Bagi kamu yang sedang solo traveling, kamu bisa ajak ngobrol penumpang lain. Seru kan bisa menambah teman baru!
image
3. BERFOTO
Setelah puas mengambil gambar pemandangan, jangan sampai lupa untuk selfie di dalam kereta. Jika kamu berpergian bersama keluarga atau teman, selfie bareng lalu unggah ke media sosial tentu nggak boleh terlewatkan. Kamu pun juga bisa bikin vlog saat berada di kereta api untuk menghilangkan kejenuhan.
image
4. MAIN GAME
Buat iseng-iseng, kamu bisa melakukan permainan-permainan sederhana bareng teman atau kelurga. Misalnya, membawa kartu remi atau kartu uno untuk mengisi waktu selama perjalanan. Supaya suasana semakin seru, kamu bisa membawa bedak untuk diaplikasikan ke wajah sebagai hukuman bagi yang kalah, hihi. Kalau nggak bawa kartu atau permainan lainnya, kamu bisa mengisi waktu dengan bermain permainan pada aplikasi handphone atau gadget kamu.
image
5. MENDENGARKAN MUSIK
Jika kamu berpergian seorang diri dan nggak ada teman buat diajak ngobrol, kamu bisa mendengarkan musik atau lagu favorit kamu. Kamu bisa mendengarkan lagu dengan headset dari handphone, atau gadget khusus untuk mendengarkan musik.
image
6. MEMBACA
Ketika dalam perjalanan nanti, kamu pun banyak memiliki waktu luang. Biar lebih bermanfaat, kamu bisa membawa buku, koran atau novel untuk dibaca-baca saat di kereta. Kalau nggak mau ribet bawa buku, kamu bisa baca idntravellers, banyak informasi menarik seperti kuliner, destinasi, rekomendasi hotel, dan lain-lain. Lumayan banget kan menambah pengetahuan kamu tentang destinasi yang kamu tuju.
image
7. UPDATE MEDIA SOSIAL
Tentu menambah posting-an baru di media sosial nggak akan terlewatkan ketika berpergian, hihi. Biasanya jalur kereta api melewati daerah pedalaman yang susah sinyal, biar aktivitas kamu nggak terganggu ketika update, kamu bisa membawa modem. Jangan lupa untuk siapkan power bank biar baterai smartphone kamu nggak cepat habis.
image
8. MEMESAN MAKANAN
Siapa sih yang nggak suka makan? Makan bisa jadi salah satu kegiatan untuk mengatasi rasa bosan, apalagi jika makanannya enak! Kereta Api sekarang ini fasilitasnya makin lengkap. Bahkan, mereka juga menawarkan beragam makanan enak untuk dijual. Tinggal pilih aja sesuai selera kamu.
image
9. MENIKMATI CAMILAN
Kalau bisa sih, bawalah camilan favorit kamu untuk menemani perjalanan kamu. Katanya sih, cokelat bisa bikin kita happy asal dikonsumsi secara pas dan nggak berlebihan. Kamu juga bisa bawa biskuit, keripik, atau mie instan yang bisa diseduh langsung untuk dijadikan camilan. Kegiatan mengobrol pun juga bakal lebih asyik kalau kamu sambil menikmati camilan.
image
10. TIDUR
Perjalanan jauh tentu bakal melelahkan dan membosankan. Biar nggak berasa lama, tidur merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi kejenuhan di dalam perjalanan. Tanpa terasa, tahu-tahu kamu sudah sampai saja di kota tujuan, hihi. Selain itu, badan kamu pun bakal bugar kembali habis tidur. Kalau armada kereta nggak menyediakan selimut atau bantal, kamu bisa bawa sendiri dari rumah biar istirahat lebih pulas dan nyaman.
image