5 Fakta Cantik Soal Pantai Tureloto, Laut Mati di Indonesia

 






Menilik soal lokasinya, pantai yang satu ini terletak di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Cukup jauh jika ditempuh dari Bandara Binaka Nias, terlebih belum ada transportasi umum yang mengakses rute ke Pantai Tureloto.
Tapi, soal sensasi, kamu nggak bakal bisa lupakan pengalamannya seumur hidup! Di bawah cuaca tropis khas Samudera Hindia, kamu terapung di tengah laut sambil tanpa harus takut akan tenggelam.
Nah, kira-kira ada fakta apa saja sih yang menarik tentang Pantai Tureloto? Pegipegi coba menjawab beberapa rasa penasaran kamu soal pantai eksotis yang satu ini. Simak ya!

Kadar Garam Luar Biasa


netralitas
Kenapa sih kamu bisa terapung di permukaan air Pantai Tureloto? Jawabannya adalah garam! Yap, seperti yang ada di Laut Mati, Yordania, Pantai Tureloto memiliki kadar garam yang lumayan tiggi. Jadi, nggak perlu takut tenggelam karena garam yang terkandung di dalam air Pantai Tureloto siap menopang berat badan kamu.

Benteng Karang Megah


Foto: gosumatra
Masih ingat tragedi Gempa dan Tsunami yang melanda pesisir Sumatera pada 2005 lalu? Ternyata, Pantai Tureloto terkena dampaknya. Hamparan karang di perairan Tureloto muncul ke permukaan sehingga membentuk semacam benteng beberapa ratus meter dari bibir pantai. Benteng karang tadi akhirnya menghalau gelombang laut dan menciptakan semacam laguna dengan air biru yang jernih dan tenang sekali. Keren kan!

Sunset Menawan


Foto: lihat
Letaknya di pesisir barat Sumatera membuat posisi terbenamnya matahari makin menawan. Jelang sore, sempatkan diri kamu buat berjemur di atas hamparan pasir putih menghadap ke barat. Secara perlahan, warna jingga di langit berubah menjadi kalbu saat matahari mulai meninggalkan ufuknya. Nggak heran, banyak wisatawan mancanegara rela datang ke sini buat berburu sunset-nya.

Biota Laut Yang Cantik


Foto: bisnisedia
Nggak seperti di Laut Mati, Yordania, Pantai Tureloto masih memiliki biota laut yang indah. Kalau nggak percaya? Kamu bisa buktikan dengan bermain di pinggir pantai di siang hari. Sambil terapung-apung, kamu bisa bermain dengan ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang cantik di Pantai Tureloto. Hadirnya benteng karang di depan membuat air laut semakin tenang. Jadi, kamu bisa puas melihat pemandangan bawah lautnya sambil diving.

Kuliner Nikmat ala Nias


Foto: foodiefoodgasme
Soal lokasi, kamu butuh perjalanan dua jam dari Bandara Binaka Nias. Tapi, soal fasilitas, Pantai Tureloto termasuk lengkap, salah satunya soal kuliner. Jelang sore hari, kamu bisa menikmati ikan bakar bumbu nias yang asam gurih di pinggir pantai. Harganya pun relatif murah meriah, berada dikisaran Rp 10-30 ribu saja. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kelaparan.
Foto utama: nyoozee
Tertarik buat liburan di pantai ini?