Keindahan Danau Weekuri Sumba, Bagai Berada di Surga Dunia


Jangan cuma pergi ke tempat-tempat yang memang sudah populer. Sebab, masih ada banyak lagi lho destinasi yang belum sering dijamah oleh traveler. Contohnya seperti Danau Weekuri Sumba yang berada di Nusa Tenggara Timur.
Tempatnya memang agak jauh dari perkotaan. Tapi, kebersihan dan keasrian alamnya dijamin masih sangat terjaga. Tak salah kalau tempat ini dikatakan sangat cocok didatangi oleh traveler yang mencari ketenangan saat liburan.

Air Sebening Kaca di Danau Weekuri Sumba


Lokasi Danau Weekuri Sumba ini memang cukup tersembunyi karena ditutupi oleh hutan rindang, semak belukar, dan tebing karang. Perlu usaha ekstra untuk bisa mencapai tempat ini. Walaupun tenaga yang dibutuhkan untuk sampai ke sana cukup besar, yakin deh kalau semua itu akan terbayar ketika kamu melihat langsung panorama alam yang ada di sana.
Tebing karang yang jadi dinding pembatas antara Danau Weekuri dengan laut lepas membuat tempat ini terlihat seperti sebuah kolam raksasa. Bibir danaunya dihiasi oleh hamparan pasir putih. Batuan dan tumbuhan hijau pun mempercantik pemandangan di sana. Eits.. tapi bukan itu yang jadi primadona di kawasan ini.

Air biru jernih sebening kaca yang ada di danau inilah yang jadi alasan mengapa traveler rela datang ke sana. Saking bersihnya air tersebut, kamu bahkan bisa langsung melihat dasar danau dengan mata telanjang lho. Air yang ada di kolam alami ini adalah air laut yang masuk dari celah-celah tebing karang. Inilah alasan mengapa Danau Weekuri memiliki air yang asin. Unik sekali bukan?
Sesampainya di sana, kamu bisa habiskan waktu untuk berenang, bermain air, atau sekadar bersantai di sana. Kalau ingin melihat lansekap yang lebih jelas, coba deh naik ke tebing karang yang mengelilingi danau ini. Kamu pasti akan semakin jatuh cinta dengan pesona alam Indonesia.

Cara Menuju Danau Weekuri Sumba


Lokasi tempat ini berada di daerah Kodi Utara, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Untuk bisa sampai ke Danau Weekuri, kamu harus memulai keberangkatan dari Tambaloka, Sumba Barat Daya dengan menggunakan kendaraan roda empat pribadi atau sewaan sebab belum ada angkutan umum yang melayani perjalanan ke sana.
Jarak dari Tambaloka menuju Danau Weekuri Sumba sekitar 60 kilometer. Jadi, waktu tempuh yang kamu butuhkan kira-kira adalah 2 jam perjalanan. Kalau kamu hanya berniat untuk menghabiskan waktu seharian di sana tanpa menginap sebaiknya berangkat sejak pagi hari. Jika ingin menginap, jangan lupa membawa tenda dan perbekalan sendiri mengingat fasilitas yang ada di sana masih sangat terbatas.